26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Hebat, Karawang Punya Motif Batik Sendiri

KARAWANG, MEDIA SERUNI– Hari Batik Nasional, jatuh pada 2 Oktober sebagai hari untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO

Batik merupakan suatu Produk dan Budaya Bangsa Indonesia, bisa digunakan dalam keseharian lebih masif penggunaannya dan lebih bagusnya lagi bisa menumbuhkan Industri batik di Kabupaten Karawang.

Kasi Pelestarian Sejarah, Nilai Tradisional, Bahasa, Sastra dan Aksara, Neni Matini., SS mengatakan di Kabupaten Karawang sendiri selama ini belum ada yang memproduksi batik.

Hebat, Karawang Punya Motif Batik Sendiri

“Memang sudah ada beberapa seperti batik Taja dan pemerintah daerah sempat melaksanakan pelatihan-pelatihan batik, tetapi sampai saat ini belum bisa berkembang, harapannya kedepan lebih bisa berkembang sebagai identitas budaya Karawang dan Indonesia,” ungkap Neni.

Masih dikatakan Neni, Karawang sudah mempunyai 2 motif batik yang sudah memiliki hak paten yaitu Sri Dwipa dan lumbung padi, “Tetapi belum di produksi secara massal itupun hasil perlombaan tahun 2013,” imbuhnya.

Berbicara tentang batik, Neni pun menuturkan Batik merupakan kreatifitas, bagaimana untuk menciptakan bentuk-bentuk baru yang lebih khas Karawang tentunya, agar bisa diminati Batik harus dipadukan dengan fashion saat ini dan tidak bisa berhenti di satu motif saja.

“Harus dimunculkan berbagai motif aplikasi desain pakaian yang kita kenakan sehari-hari pun harus di buat lebih menarik agar bisa di gunakan bukan d acara formal saja, dan itu artinya batik harus mengikuti perkembangan – perkembangan fashion masa kini,” tandasnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: