logo

Hari Batik Nasional, Batik Daerah Ini Ternyata Punya Daya Pikat yang Tinggi

Batik Cirebon bermotif megamendung.

Mediaseruni.co.id – Batik adalah warisan budaya Indonesia yang kaya dan beragam. Di Jawa Barat, kita menemukan sejumlah motif batik yang memikat hati dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Batik juga bukan sekeda kekayaan budaya yang tidak hanya berfungsi sebagai pakaian, tetapi sekaligus karya seni yang menggambarkan keindahan dan sejarah Indonesia.

Di Jawa Barat sendiri terdapat lima jenis batik favorit yang sarat sejarah, keindahan dan kenunikannya. Batik ini mencerminkan beragam tradisi dan budaya yang memperkaya warisan budaya Indonesia.

Baca Juga:  Negara-Negara Ini Wanitanya Menjadi Simbol Dunia, Paling Atas Istri Mahatma Gandhi

5 Batik Favorit di Jawa Barat
Batik Cirebon
Batik Cirebon adalah salah satu yang paling terkenal di Jawa Barat. Ciri khasnya adalah motif megamendung, yang menggambarkan awan dan air. Batik ini memiliki warna cerah dan kaya, membuatnya cocok untuk acara formal maupun sehari-hari. Batik Cirebon juga memiliki latar belakang sejarah yang kaya dan dianggap sebagai warisan budaya yang tak ternilai.

Baca Juga:  Gempar, Kepala Dewi Cinta Ditemukan di Piazza Augusto Imperatore

Batik Garutan
Batik Garutan adalah jenis batik yang berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Motifnya cenderung sederhana dan elegan, dengan kombinasi warna yang lebih tenang. Batik ini sering digunakan untuk acara-acara formal seperti pernikahan. Dengan perpaduan warna dan motif yang khas, Batik Garutan menjadi pilihan favorit untuk busana kebaya.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566