31.1 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Gerhana Matahari Membuat Langit Karawang Seperti Mendung

JAKARTA, MEDIASERUNI.COM – Dimulai dari bagian barat (Banda Aceh) hingga timur (Jayapura), hari ini, Kamis (26/12/2019) gerhana matahari cincin (GMC) menyapa sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jakarta. Hanya saja tidak semua daerah dapat meyaksikan fenomena langka ini, karena tidak semuanya mendapatkan langit yang jernih.

Staf Sub Divisi Program Pendidikan PP Iptek, Sri Wahyu Cahya Ningsih mengatakan, pihaknya mendapat info dari BMKG bahwa cuaca akan tidak begitu cerah. Hal ini bisa mempengaruhi pengamatan Gerhana Matahari Cincin. “Jadi kalau misalkan mendung ya enggak bisa kelihatan juga. Bukan berarti pakai teleskop dia bisa nembus awan,” kata Wahyu, dikutip dari detik.com.

Kecuali beberapa macam pengamatan di astronomi dilihat misalnya dari teleskop Hubble yang ada di orbit atas. Cuaca mendung atau hujan tidak akan terlalu terpengaruh oleh atmosfer Bumi. PP Iptek sendiri menyediakan 3 teleskop yang bisa diamati oleh pengunjung. Sementara lagi, ada satu teleskop khusus untuk pengamatan PP Iptek sendiri.

Sri menambahkan puncak gerhana matahari di Jakarta pukul 12.36 WIB. Lama durasinya puncak sekitar 3 menit. Untuk masa tertutup saat puncak, Jakarta hanya kebagian sekitar 72%. Wahyu pun menggambarkan suasananya tidak akan segelap itu. “Nggak terlalu gelap, kayak senja, kalau cerah kayak orange mau Magrib-an tapi nggak sampe gelap banget sih karena kita kan sebagian,” jelasnya. (tim seruni)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: