logo

Gencatan Senjata di Gaza, AS tak Punya Veto di Majelis Umum PBB

jadi gencatan senjata lagi

Mediaseruni.co.id – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) menempuh langkah tegas gencatan senjata di Gaza, setelah menganggap DK PBB gagal menjalankan tugasnya, menyusul veto AS terhadap gencatan senjata.

Hal itu terungkap Selasa 12 Desember 2023, sesudah lebih tiga perempat dari 193 anggota Majelis Umum PBB mendukung gencatan senjata yang telah diveto Amerika Serikat di Dewan Keamanan pekan lalu.

Baca Juga:  Israel Berkeinginan Bangun Pemukiman Pertama di Gaza

Resolusi PBB tersebut memperoleh 153 suara mendukung, sementara 23 negara abstain. Sedang, mereka yang menentang resolusi bersama Israel yakni Austria, Ceko, Guatemala, Liberia, Micronesia, Nauru, Papua Nugini, dan Paraguay.

Washington tidak memiliki hak veto di Majelis Umum. Sebelum pemungutan suara di PBB, Presiden AS Joe Biden mengatakan Israel kehilangan dukungan internasional karena pengeboman tanpa pandang bulu yang terjadi.

Baca Juga:  Pemberontakan Gagal, Begini Nasib Bos Wagner, Bagai Mayat Hidup

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah lama menyerukan gencatan senjata kemanusiaan dan pekan lalu melakukan tindakan yang jarang dilakukan, yaitu memperingatkan Dewan Keamanan mengenai ancaman global yang ditimbulkan oleh perang tersebut.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566