logo

Gempa Siang Ini Guncang Sukabumi Terasa Sampai Bandung

gompa

Mediaseruni.co.id, KOTA BANDUNG – Warga Kabupaten Sukabumi sontak panik. Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,4, siang ini, 1 Oktober 2023, mengguncang kabupaten itu.

PUSDALOPS Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan, pusat gempa bumi berada di darat dan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan Camat Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga:  Jangan Heran, Pohon Pisang Tumbuh di Tengah Jembatan Cicatih

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar Dani Ramdan melaporkan, berdasarkan koordinasi dan komunikasi yang sudah dilakukan, belum ada laporan kerusakan yang signifikan.

“BPBD Jabar akan terus berkoordinasi dan melakukan asesmen dengan BPBD setempat. Sejauh ini, berdasarkan hasil komunikasi, belum ada kerusakan yang signifikan,” ucap Dani.

Sesuai rekomendasi BMKG, kata Dani, masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga:  DPRD Kabupaten Sukabumi Paripurna Raperda APBD Perubahan

“Supaya terhindar dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa, masyarakat diimbau untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun¬†tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” ucap Dani.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566