Mediaseruni.co.id – Promosi yang efektif diperlukan dalam strategi marketing bisnis. Kegiatan promosi bertujuan agar produk atau brand milik suatu perusahaan dapat dikenal masyarakat luas.
Setiap perusahaan harus memahami strategi promosi online, waktu yang tepat melakukan promosi, dan jenis promosi agar kegiatan promosi berjalan efektif dan tujuan yang diinginkan tercapai.
Berikut Alasan Promosi Penting untuk Bisnis
Agar produk milik perusahaan dikenal masyarakat luas.
Disandingkan dengan banyak inovasi produk baru dan munculnya kompetitor dari seluruh dunia, Anda harus gesit dalam memperkenalkan produk baru milik Anda kepada konsumen.
Membangun citra brand dan image perusahaan yang positif
Dengan melakukan promosi, Anda memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan visi, misi, profil perusahaan serta fitur dan kelebihan brand Anda. Sehingga pembeli tertarik dan menyadari alasan mereka membeli produk milik Anda.
Meningkatkan loyalitas pelanggan
Pembuatan program loyalitas seperti member card dapat membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan.
Membantu dalam ekspansi bisnis
Semakin banyak masyarakat mengenal produk Anda, maka semakin besar peluang yang Anda miliki. Peluang itu dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan agar pendapatan bertambah dan digunakan sebagai modal untuk ekspansi atau membangun cabang baru.
Menciptakan komunikasi dengan konsumen
Melalui promosi, Anda dapat berkomunikasi secara tidak langsung dengan konsumen. Menghadirkan bisnis Anda di tengah masyarakat, memperkenalkan produk Anda, membangun citra brand merupakan komunikasi dengan konsumen.
Bagaimana Cara Promosi Yang Efektif
Ada beberapa strategi yang harus Anda perhatikan untuk memastikan promosi Anda berjalan dengan efektif. Namun, perlu diingat bahwa efektivitas sebuah promosi dinilai berdasarkan tujuan yang ingin Anda capai. Beberapa tren strategi promosi yang bisa Anda aplikasikan, antara lain :
1. Social Media Marketing
Akhir-akhir ini, media sosial kerap digunakan dalam kegiatan pemasaran. Pasalnya setiap orang memiliki media sosial, sehingga media sosial menjadi tempat paling efektif untuk melakukan pemasaran.
Fitur yang tersedia juga sangat menarik. Contoh melalui aplikasi Instagram kita bisa mengunggah foto dan video produk. Instagram juga memberikan fitur hashtag yang membantu Anda mendapatkan konsumen baru.
2. Website
Membuat website menjadi salah satu strategi promosi yang tepat dalam memasarkan produk karena dapat membuat bisnis atau produk yang dipromosikan terlihat lebih berkualitas dan profesional.
Selain itu, website juga dapat membantu bisnis dikenal banyak orang dan mudah dicari melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain-lain.
3. Menjadi sponsor suatu event
Menjadi sponsor suatu event dapat memperbesar kesempatan bagi produk usaha Anda semakin dikenal masyarakat banyak. Hal ini akan menghasilkan brand awareness yang sangat berarti untuk Anda.
4. Marketplace selling
Marketplace merupakan platform yang berkembang setelah terjadi perkembangan internet. Penjualan produk melalui marketplace memiliki keuntungan karena dipasarkan melalui kategori yang sudah terorganisir. Pelanggan akan menemukan produk Anda dengan lebih mudah karena sudah tersedia di kategori yang ingin mereka cari.
5. Mengupload video promosi ke Youtube
Youtube merupakan platform yang berisi video dengan berbagai kategori. Selain sebagai media untuk membuat konten, Youtube juga bisa digunakan untuk sarana promosi. Dengan mengupload video produk Anda semenarik mungkin ke Youtube, maka para pelanggan akan tertarik untuk membeli produk Anda. Metode pembuatan video promosi terdiri atas berbagai jenis seperti berdurasi panjang atau pendek, video menggunakan animasi 2D atau 3D, dan lain-lain.
6. Endorsement
Endorsement merupakan strategi promosi yang dilakukan oleh selebgram, influencer, atau seorang publik figur melalui media sosial. Selebgram merupakan istilah bagi orang yang memiliki akun media sosial dengan followers yang cukup banyak dan dapat menarik perhatian banyak orang.
Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Promosi
Saat melakukan promosi, Anda juga harus menyesuaikan dengan waktu dan kondisi yang berlangsung. Berikut beberapa waktu yang tepat saat memberikan promosi kepada konsumen.
1. New product launching
Saat peluncuran produk baru, Anda dapat memberikan promosi guna menarik perhatian para pelanggan. Anda bisa membuat event, memberikan diskon spesial kepada pengguna setia, atau meluncurkan video iklan untuk menyambut produk tersebut.
2. Membership
Anda juga dapat menerapkan sistem keanggotaan atau membership bagi layanan Anda agar layanan Anda dapat memberikan kesan personal bagi pelanggan. Misalnya, dengan memberikan para pelanggan dengan membership ucapan atau hadiah-hadiah khusus yang dapat mereka peroleh pada hari spesial mereka, seperti ulang tahun.
3. Networking event
Dalam acara seperti seminar, kegiatan sosial, dan lain-lain, Anda dapat memasarkan produk Anda sebagai souvenir. Hal ini bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang mengenal produk Anda.
4. Hari-hari besar
Sudah bukan hal baru lagi, saat hari-hari besar, tentu akan ada diskon besar-besaran juga. Semua perusahaan akan berlomba-lomba memberikan diskon. Namun, Anda perlu hati-hati jika ingin memberikan diskon besar-besaran. Diskon yang terlalu besar juga dapat menimbulkan kesan pada produk menjadi bernilai rendah dan dianggap hanya cuci gudang.
5. Pembukaan cabang baru
Umumnya cabang baru di di daerah yang berbeda dengan pusatnya. Agar masyarakat di daerah tersebut dapat mengenal produk Anda, maka lakukanlah beberapa strategi promosi, seperti memberi sample dan diskon. (*)