logo

,

Ekonomi Jabar Tumbuh 5 Persen, Tertinggi Kedua di Pulau Jawa

pasar
Ilustrasi pertumbuhan perekonomian jawa barat.

Mediaseruni.co.id, KOTA BANDUNGPertumbuhan Ekonomi Jawa Barat pada 2023 secara keseluruhan tumbuh 5 persen (yoy), tertinggi kedua di Pulau Jawa dan sedikit lebih rendah dari nasional, yakni sebesar 5,05 persen (yoy).

Kepala Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea mengungkapkan, pertumbuhan 2023 didukung dari konsumsi rumah tangga, sejalan dengan peningkatan mobilitas masyarakat pasca pandemi Covid-19 dan antusiasme masyarakat menggunakan transportasi kereta cepat Whoosh.

Baca Juga:  Bupati Andi Buka MTQ ke 49 Tingkat Kabupaten Bulukumba

“Tertinggi kedua di Jawa, yang pertama itu DIY, wilayahnya jauh lebih kecil dari Jabar. Jadi kita ini lebih kompleks, tapi bisa lebih tinggi dari DKI Jakarta,” kata Erwin di kantor BI Jabar, Kota Bandung, Rabu 7 Februari 2024.

Data BPS Jawa Barat menyebutkan, pertumbuhan ekonomi Jabar didorong dari produksi lapangan usaha transportasi dan pergudangan yang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 14,67 persen.

Baca Juga:  Misteri Kamar Tidur Soekarno di Istana Bogor, Ada yang Lihat Bayangan Soekarno

Dari sisi pengeluaran, komponen pengeluaran konsumsi kembaga nonprofit yang melayani rumah tangga mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 19,35 persen. Sementara perekonomian Jabar triwulan IV-2023 terhadap triwulan sebelumnya tumbuh sebesar 1,93 persen (q-to-q).

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566