25 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Durian Loji Ikon Karawang, Mulai Diburu Penikmatnya

KARAWANG,MEDIA SERUNI.COM – Durian atau bahasa sundanya yaitu “Kadu”, merupakan buah yang tumbuh di wilayah Asia Tenggara. Buah yang mempunyai wangi yang khas itu ternyata banyak di gandrungi oleh masyarakat, tidak terkecuali di Kabupaten Karawang.

Bahkan di Selatan Karawang, Durian Loji cukup di kenal oleh masyarakat Kabupaten Karawang. Durian yang dihasilkan wilayah Karawang selatan itu mempunyai ciri khas ukuran buah lebih kecil dan bau yang tak terlalu menyengat.

“Rasanya juga lebih manis ketimbang durian dari daerah lain,” ujar Usep, seorang warga setempat. Harganya pun berbeda-beda tergantung ukuran, mulai dari Rp 35.000. Uniknya, para pembeli biasanya merupakan warga dari luar Karawang selatan, yang kebetulan mengunjungi tempat rekreasi, ucap Alu (29)salah satu pedagang Durian Loji kepada mediaseruni.com. Kamis (26/12).

Tak heran, warung-warung pedagang durian berjajar di sepanjang jalan. Para pembeli tinggal memilih durian sesuai selera. Perlu di ketahu bahwa sebelumnya, petani durian merugi pasalnya panen durian pernah alami kegagalam panen di tahun 2018 yang lalu.

Seperti yang di utarakan oleh, Usep (43) warga kampung Jayanti Desa Mekarbuana kecamatan Tegalwaru, durian loji hanya dipanen satu tahun sekali, yakni sekitar Januari dan Februari. Hal ini berbeda dengan jumlah panen durian di daerah lain.

“Dan beruntung kini dari bulan November dan Desember saat ini ,beberapa pohon sudah banyak yang panen,” Jelasnya. Ia pun berharap masyarakat Kabupaten Karawang bisa berbangga karena di selatan Karawang, buah duriannya bisa menjadi ikon tersendiri bagi Kabupaten Karawang. (tim seruni)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: