26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

DLHK Ajukan Rp 28 Miliar Anggaran Tahun Pertama Program Citarum Harum

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) mengajukan anggaran sebesar Rp 28.110.000.000 sebagai dana Program Citarum Harum tahap pertama, dari Rp 93 Miliar total anggaran yang diploating Bank Dunia untuk program tersebut.

Hal itu terungkap di ruang kerja Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kamis (3/10). “Total anggarannya Rp 93 miliar tapki cairnya pertahun selama 5 tahun,” ucap Kadis Wawan Setiawan kepada MEDIASERUNI.COM.

Selain diperuntukan buat caktor, besaran anggaran Rp 28 miliar lebih itu juga untuk pengadaan mobil operasional Pickup, truk Armroll, dumbtruk dan alat beko. “Totalnya ada 172 unit kendaraan dari lima jenis kendaraan operasioalnal yang kita butuhkan,” jelas Wawan.

Sarana dan prasarana tersebut, tambah Wawan, cairnya tidak dalam bentuk uang melainkan barang. Artinya Bank Dunia melalui “Satgas” benar-benar memberikan kendaraan-kendaraan yang diminta.

Wawan menyebutkan untuk caktor jumlahnya mencapai 128 unit, pickup 8 unit, armroll 25 unit, dumb truk 8 unit dan beko 3 unit. Sementara biaya mengoperasikan kendaraan-kendaraan tersebut keseluruhannya dari pemerintah daerah. “Pemda menganggarkan Rp 8,4 miliar per tahun untuk biaya operasional program Citarum Harum untuk kendaraan-kendaraan operasionalnya,” jelas Wawan.

Perlu dijelaskan, Program Citarum Harum pemerintah daerah melalui Dinas Lingkungan Hidup mendapat bantuan sebesar Rp 93 miliar dari Bank Dunia. Bantuan tersebut cair tidak dalam bentuk uang tetapi barang setiap tahunnya selama lima tahun. (ari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: