25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Dinkes Depok Lakukan Swab Massal Cegah Penyebaran Covid-19

DEPOK, MEDIASERUNI.CO.ID – Guna pencegahan penyebaran covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan swab massal ke seluruh wilayah. Swab massal tersebut akan dilakukan selama dua pekan dimulai pada 24 Agustus 2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, swab massal akan dilakukan oleh petugas kesehatan di Puskesmas. Tentunya dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

“Swab akan dilakukan oleh tenaga kesehatan di Puskesmas dan sudah dijadwalkan,” kata Novarita, Jumat (28/8/2020).

Lebih lanjut, ucap Novarita, swab massal akan dilakukan kepada masyarakat dengan kategori kasus suspek, probable, serta Aparatus Sipil Negara (ASN) baik di kelurahan, kecamatan, dan Perangkat Daerah. Selain itu juga masyarakat yang berada di tempat kerumunan, tempat wisata, dan tokoh masyarakat.

“Masyarakat dengan kategori-kategori yang sudah ditetapkan ini menjalani swab tanpa dipungut biaya atau gratis,” jelasnya.

Novarita berharap, melalui swab massal dapat semakin banyak masyarakat di Kota Depok yang diketahui status kesehatannya. Dengan demikian, ujar Novarita, langkah pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kota Depok dapat lebih optimal.

Sementara itu, Unit Pelayanaan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Limo, telah melakukan pemeriksaan swab PCR massal. Sebanyak 161 orang, terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Limo, Kelurahan Grogol, Limo, Meruyung, Krukut, Polsek Limo, Koramil Limo, Ketua TP PKK kecamatan  dan kelurahan, serta Badan Pengawas Pemilu Kecamatan Limo.

Kepala UPTD Puskesmas Limo, Winarni Naweng Triwulandari mengatakan, pemeriksaan swab dilakukan atas arahan Dinkes Kota Depok. Langkah tersebut guna mendeteksi kasus Covid-19 pada orang tanpa gejala (OTG) yang yang dapat diketahui melalui kelanjutan hasil tes swab PCR.

“Pemeriksaan ini tidak dipungut biaya, namun hanya orang yang memenuhi kriteria tertentu, seperti suspect (ODP, PDP) ASN, dan tokoh masyarakat,” tutup Winarni. (Mia Nala Dini)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: