31.1 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Dinkes dan PDAM, Siap Kan

BANJIR memang sudah surut tapi bukan berarti permasalahan selesai. Sebab banjir meninggalkan penyakit, dan tidak ada tawar menawar, penyakit inipun harus dibersihkan sampai tuntas.

Sederet penyakit seperti gatal-gatal, gangguan pernapasan, dehidrasi, demam dan flu adalah penyakit pasca banjir. Bisa disebabkan udara dingin dan lembab serta kurangnya pasokan cairan ke dalam tubuh.

Sehingga tidak mengherankan jika puskesmas dan balai-balai kesehatan pun selalu dibanjiri pasien-pasien yang mengeluhkan penyakit pasca banjir tersebut.

Ketersediaan obat-obatan, tentu saja menjadi bagian penting yang mesti diantisipasi Dinas Kesehatan (Dinkes), selain tim-tim medisnya yang tersebar di puskesmas dan balai-balai kesehatan.
Disamping Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Karawang.

Baik BPBD maupun PDAM menjadi lembaga penting penanggulangan permasalahan pasca banjir, selain Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PRKP).

Tidak perlu merinci satu persatu, karena disitu pun ada sampah dan lumpur yang harus dibersihkan, dan tentu saja air bersih yang layak dikonsumsi warga setelah mesin air dan air sumur mereka kotor akibat banjir.

Akan lebih bijak lagi jika Dinas Kesehatan pun memerintahkan tim-tim medisnya terjun langsung ke lokasi-lokasi pasca banjir dengan cara mendirikan posko-posko kesehatan.

Sehingga masyarakat tidak perlu lagi menunggu sampai penyakit itu menyerang dan ramai-ramai mengunjungi puskesmas dan balai-balai kesehatan. Tentu saja ketersediaan obat-obatan, ini paling penting karena hampir selalu setiap kali usai banjir kekurangan obat-obatan menjadi keluhan, terutama dua penyakit utama pasca banjir yakni gatal-gatal dan demam.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: