logo

Dialog dan Syukuran Budaya untuk Ali Sastramidjaja, Budayawan Peneliti Kalender Sunda

kalender sunda

Mediaseruni.co.id, KOTA BANDUNG – Bengkel Studi Budaya, pemerhati budaya Sunda, menggelar dialog dan syukuran budaya di Hotel Savoy Homann. Dialog ini digelar dengan tema ‘Sang Kalangider Mieling Medalna, Ali Sastramidjaja’ yang melakukan penelitian kalender sunda.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari kelahiran Ali Sastramidjaja, seorang budayawan asal Bandung yang melakukan penelitian tentang kalender atau penanggalan dalam budaya Sunda.

Baca Juga:  Kawasan Ciayumajakuning Jadi Fokus Pengembangan Pariwisata Jabar

Sejumlah tokoh masyarakat Sunda hadir dalam diskusi tersebut. Seperti Ir. H. R. Roza R. Mintaredja, Miranda H. Wihardja, Prof. Dr. Marsono, Prof. Dr. Haryono Suyono, Raden I Wayan Wardana.

Tokoh-tokoh yang hadir membicarakan bagaimana kalender Sunda yang dicetuskan dan diteliti Ali Sastramidjaja, pria yang akrap dipanggil Abah Ali merupakan contoh dari keberadaan bangsa Sunda.

Baca Juga:  Bey Machmudin Lantik Wali Kota Cirebon di Gedung Sate

Dalam diskusi ini, disebutkan bahwa untuk mengukur tingginya suatu bangsa atau keberadaan suatu bangsa itu sendiri ditentukan oleh kehadiran kalender dan khususnya adalah akurasi dari kalender tersebut.

Share:

Terpopuler

Jl. Veteran, Gg. H. Suchron Lingkungan Kav. No. 01 Blok B1-2 RT 001/035, Kel. Nagasari Kec. Karawang Barat Kab. Karawang, Jawa Barat. 41311. Telp. 081295925566