31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

Budaya Gotong Royong Masih Terjaga di Kampung Lengo

TEGALWARU, MEDIASERUNI.COM – Gotong royong budaya di Indonesia, meskipun sudah jarang dijumpai namun di Kampung Lengo, Desa Kutamaneuh, kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang peninggalan leluhur itu masih tetap dilestarikan.

Seperti berlangsung, Selasa (19/11/2019), warga Kampung Lengo ramai-ramai merehab musala kecil yang sehari-hari digunakan sebagai tempat ibadah juga tarawih saat bulan ramadan, selain kegiatan-kegiatan keagamaan. “Musala ini memang sudah tua, semenjak dibangun sampai sekarang belum pernah direhab,” ungkap Kepala Desa Kutamaneuh Adang.

Dilanjutkan Adang, tokoh masyarakat sekitar menginisiasi dan sudah berkomunikasi kepada Pemerintah Desa Kutamaneuh agar atap musalanya yang hampir roboh bisa direhab. “Dana rahabnya hasil gotong royong masyarakat,” ucap Adang kepada mediaseruni.com.

Sementara pekerjaannya, terang Adang, merupakan apartur desa dan masyarakat Kampung Lengo. “Mereka ada yang punya bambu, kayu kaso dan material lainnya, semua disumbangkan sebagai materail pembangunan. Sedang kaum ibunya menyediakan dapur umum untuk makan para pekerja,” ucap Adang.

Secara terpisah pengamat masalah perencanaan wilayah dan kota Nisfi Eka Sulistiorini mengatakan gotong royong budaya paling mahal yang dimiliki bangsa Indonesia. Budaya ini masih terlihat disaat bencana alam dan pembangunan rumah-rumah ibadah.

“Gotong royong hal sangat positif selain hemat biaya, terutama dari sisi budgeting. Contoh pada gotong royong membangun musala di Desa Kutamaneuh sudah jelas mengurangi kos anggaran desa,” ucap Nisfi yang juga mahasiswa Institut Teknologi Sumatera Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota ketika dihubungi mediaseruni.com via ponsel.

Masih dikatakan Nisfi, sisi humanisme gotong royong ini juga tinggi, terutama untuk mempererat rasa persatuan, persaudaraan dan saling memiliki satu sama lain. Sehingga ada kepedulian setiap warga untuk menjaga infrastruktur yang telah mereka bangun bersama dengan gotong royong. (irvan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: