26 C
Jakarta
Sabtu, Februari 4, 2023

Berhijrah Mendekatkan Diri Kepada Allah

LUSA Kemarin, secara serempak umat muslim memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, termasuk di Karawang. Malah bisa dikatakan, pada malam itu, jalan-jalan di Karawang terang benderang oleh cahaya obor.

Obor, sebetulnya merupakan simbolisasi budaya saja, untuk mengingatkan kalau dulu sebelum ada listrik, obor ini digunakan sebagai alat penerang malam hari.

Obor juga sangat akrab dilingkungan pondok pesantren sebagai alat penerang malam hari, seusai pulang memberikan tausiyah atau menghadiri pengajian di luar pondok pesantren.

Demikian hingga saat ini, keberadaan obor menjadi bagian peringatan Tahun Baru Islam. Namun, bukan berarti keharusan kalau obor harus ada, melainkan hikmah yang ada dalam momentum obor itu.

Karena pastinya disetiap sesuatu itu pasti ada pelajaran serta hikmah yang bisa diteladani. Pawai obor bukanlah berarti mengagung-agungkan api, akan tetapi kobaran api tersebut dijadikan contoh dan motivasi bagi umat muslim, agar tetap menyala dan tidak redup dalam kehidupan.

Salawat dan takbir yang dikumandangkan saat pawai obor akan bernilai ibadah yang mendekatkan kita kepada Allah SWT, untuk berhijrah ke tahun berikutnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: