25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Batiqa Hotel Karawang Buka Unit Pemagangan Calon Karyawan

KARAWANG, MEDIA SERUNI – Duduk manis dibelakang meja sambil mengoprek-oprek komputer atau menghitung omset dan pembelanjaan kantor, agaknya tak cukup membuat perempuan tangguh ini nyaman di kursinya. Ada saja inovasi yang dia lakukan, termasuk ketika bertemu MEDIA SERUNI.COM di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pekan kemarin.

Dinah Puji Astuti, General Manager Batiqa Hotel & Apartement Karawang ini mengaku sedang melakukan registrasi Unit Pelatihan Kegiatan (UPK). Unit ini sebetulnya setingkat Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) atau Balai Latihan Kerja (BLK). Tujuannya sama yakni palatihan calon-calon karyawan sebelum dipekerjakan di bidang pekerjaan masing-masing.

“Kita lagi membuat program pemagangan kerja yang sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sekarang kan berbasis kompetensi, dan pemagangan bagian proses rekrutmen tenaga kerja. Nah kita lagi urus UPK nya,” ucap Dinah.

UPK berbeda dengan LPK atau BLK. Kalau sistem perekrutannya menggunakan jasa pihak ketiga sebutannya LPK atau BLK tetapi kalau dilakukan sendiri perusahaan bersangkutan disebut lembaga atau balai. “Kita menyebutnya pemagangan dan dilakukan di hotel sendiri, jadi tidak bekerjasama dengan pihak luar,” ucap Dinah.

Dikatakan Dinah, Batiqa Hotel punya managemen dan membawahi langsung bagian HRD. Dibawah HRD ini ada Divisi Pemagangan, divisi ini yang menangani semua urusan UPK. “UPK kita sudah divalidasi oleh disnakertrans. Itu artinya tempat kita sudah dianggap sebagai tempat pelatihan,” terang Dinah lagi.

Batiqa Hotel sendiri jadi yang pertama dalam lingkup perhotelan di Karawang yang melakukan program pemagangan. Bahkan program ini direncanakan menjadi program pusat dalam hal perekrutan calon karyawan Batiqa. “Saya berkomunikasi dengan beberapa hotel di Karawang di bawah PHRI, dan memang belum ada hotel yang melakukan pelatihan untuk calon karyawan. Jadi baru Batiqa Hotel yang melakukan,” ucap Dinah.

BACA JUGA:  Tiga Anggota Mapala Unsika Tewas di Goa Lele

Melalui pemagangan ini, tutur Dinah, diharapkan bisa mendapatkan calon-calon karyawan sesuai standar yang dibutuhkan. “Nanti materinya yang dilatih sesuai dengan dunia kerjanya. Sehingga pemagangan ini benar-benar akan menjadi wadah penyeleksian calon karyawan yang sesuai dengan standar hotel kita,” terang Dinah.

Untuk kapasitas pelatihan, sebut Dinah, pihaknya pun masih membatasi. Demikian pun lowongan pekerjaan saat ini masih terbatas 16 orang dan keseluruhannya untuk bagian Operasional. Namun kedepan program pemagangan ini tidak hanya terbatas bagian operasional tetapi juga semua bagian pekerjaan yang ada di Batiqa Hotel. “Batiqa punya tujuh hotel termasuk yang di Karawang. Sekarang kan masih di Batiqa Hotel Karawang tapi kedepan akan dikembangkan sampai ke pusat dan pembukaan lowongan untuk semua bagian nantinya,” jelas Dinah.

Perlu disampaikan Batiqa Hotel Karawang & Apartement berada dibawah bendera PT Surya Semesta Internusa (SSIA). Sebelumnya hanya memiliki empat unit Batiqa Hotels yang berlokasi di Cirebon, Jababeka, Palembang dan Pekanbaru sebelum bertambah dua hotel lagi di Lampung dan Casablanca Jakarta Selatan. Sementara unit usaha perhotelan yang dimiliki SSIA mencapai empat hotel yakni Gran Melia Jakarta, Melia Bali hotel, Banyan Tree Ungasan Resort, dan Batiqa Hotel & Apartement Karawang. (ari)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: