31.1 C
Jakarta
Minggu, Februari 5, 2023
BKD Pemalang
HUT Kabupaten Pemalang

Asap Hutan Terbakar Gunung Cipicung Intai Warga Tegalwaru

TEGALWARU, SERUNI – Warga Desa Kutamaneuh, Kecamatan Tegalwaru sempat dibuat cemas. Mereka khawatir pemukimannya diselubungi kabut asap seperti dialami warga di Kalimantan, menyusul terbakarnya hutan di kaki Gunung Cipicung.

“Kami melihat ada asap Gunung membumbung di kaki Gunung Cipicung. Karena curiga kami melakukan pengecekan. Ternyata memang kebakaran,” ucap Kades Kutamaneuh Adang, semalam, pasca kebakaran kepada MEDIA SERUNI.

Dikatakan Adang jarak lokasi hutan yang terbakar dan pemukiman warga dalam radius 4 km. Petugas mencapai lokasi kebakaran dengan berjalan kaki. “Baru sampai kaki gunung saja kami melihat sudah banyak pohon terbakar,” tambah Adang.

Kepulan asap menutupi lereng Gunung Cipicung.
Kepulan asap menutupi lereng Gunung Cipicung.

Adang menambahkan sebelum melakukan pengecekan terlebih dahulu pihaknya melakukan kordinasi dengan aparat kepolisian dan pemadam kebakaran. “Begitu sampai lokasi kami bersama semua pihak membantu petugas pemadam kebakaran memadam api,” terang Adang.

Kapolsek Pangkalan Endang Rohendi ketika dikonfirmasi mengatakan dugaan sementara kebakaran berasal areal kebun milik warga. Namun belum ada indikasi dibakar dengan sengaja.

“Kami masih melakukan pemeriksaan. Untuk sementara kami melakukan pemadaman titik-titik api yang masih menyala,” ucap Endang.

Ia pun menjelaskan, untuk saat ini muspika bersama pemadam kebakaran, pemerintah desa dibantu warga masih mencari titik-titik api yang lain. Meski diakuinya sempat kewalahan karena kondisi udara yang panas dan sulitnya mencari sumber air. “Api baru bisa dijinakan setelah dua jam,” ucap kapolsek.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
48PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: