25 C
Jakarta
Sabtu, Januari 28, 2023

Angin Kencang Penyebab Api Cepat Menjalar

KARAWANG, MEDIASERUNI.COM – Pemadaman kebakaran yang terjadi di Gunung Cengkik dan Gunung Sirnalanggeng terkendala pasokan air sehingga api sulit dipadamkan.

“Sumber air tidak ada, jadi kami kesulitan memadamkan api , namun kami tetap berupaya agar bisa mencari sumber air agar api bisa kami padamkan,” terang Danru Damkar kecamatan Tegalwaru, Arif kepada MEDIA SERUNI, Senin (21/10/2019).

Dampak kemarau membuat beberapa sumber air didekat lokasi atau rumah warga tidak ada jadi sangat kesulitan memadamkan api. Sementara Akim, warga yang menyaksikan api menjalar dari hutan bambu mengatakan angin kencang yang membuat api cepat menjalar.

Bahkan api hampir sempat meluas ke pemukiman warga. Beruntung petugas pemadam kebakaran dengan air cadangan mampu menyekat api hingga padam.
“Beruntung bisa dipadamkan, kalau tidak bakal berapa rumah yang jadi korban, hanya saja sekarang api terus menjalar ke arah atas gunung Cengkik karena banyak ilalang dan rumput yang sudah kering akibat kemarau,” jelasnya.

Untuk menjinakan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini personil pemadam kebakaran yang dikerahkan sekitar 15 orang, ditambah dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu mobil Resque 1 Unit. Sekitar 10.000 liter air disemprotkan untuk memadamkan api. (S-1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
28PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: