31.7 C
Jakarta
Jumat, Januari 27, 2023

1.243 Kelompok Usaha Dapat Bantuan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

PURWAKARTA, MEDIASERUNI.CO.ID – Sebanyak 1.243 kelompok usaha di Kabupaten Purwakarta ditetapkan sebagai Penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia.

Menurut data dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Purwakarta, sedikitnya 34 ribu kelompok usaha diusulkan untuk menjadi penerima BPUM.

Kepala Bidang UKM pada DKUPP Kabupaten Purwakarta, Ahmad Nizar mengatakan, 34 ribu pemohon bantuan tersebut tersebar di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta.

“Untuk bantuan, DKUPP hanya mengusulkan yang memvalidasi nantinya dari Kementrian Pusat. Sistemnya sudah terbangun. nanti dikerjasamakan dengan bank penyalur diantaranya BRI dan BNI,” terang Ahmad Nizar, Rabu (09/09/2020).

“Tahapannya melalui pengusulan dan penetapan, dan validasi data atas calon penerima UKM meliputi cek duplikasi nama calon penerima bantuan UKM, NIK sesuai dengan format, calon penerima UKM tidak sedang dalam pembiayaan KUR dan pembiayaan perbankan lainnya,” papar Nizar.

Setelah itu, lanjut dia, nama-nama yang diusulkan untuk menerima BPUM dikordinasikan bekerjasama dengan Bank BNI dan BRI sebagai bank penyalur untuk aktivasi rekening sesuai dengan petunjuk pelaksanaan bantuan bagi penerima usaha mikro nomor 98 tahun 2020.

“Untuk pendaftaran secara manual kita sudah tutup, mengingat pelaksanaan pshyical distancing untuk menanggulangi penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Nizar, bagi masyarakat yang belum dan ingin mendaftar bisa mengakses halaman daring yang disediakan DKUPP untuk daftar online.

Bagi warga Purwakarta yang mau daftar online bisa mengisi data secara daring dengan mengakses alamat https://forms.gle./rRc4xpsybLTkJYe6A

(Aris/rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Stay Connected

2,411FansSuka
146PengikutMengikuti
27PengikutMengikuti

Latest Articles

%d blogger menyukai ini: